MEDAN – Realisasi investasi di Sumatera Utara (Sumut) pada triwulan I-2017 telah mencapai Rp6,9 triliun. Realisasi investasi tersebut terdiri dari Rp2,6 triliun penanaman modal asing (PMA) dan Rp4,31 triliun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi saat membuka Pekan Inovasi Ke-5 Sumatera Utara Tahun 2017 bertemakan ‘Merebut Peluang Bisnis dan Investasi di Sumut’ di Lapangan Merdeka, Medan. Kegiatan ini digelar selama empat hari berturut hingga Minggu 14 Mei 2017.

Erry menyebutkan, pada 2017, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia menargetkan realisasi investasi di Sumut mencapai Rp20,3 triliun. Dengan melihat realisasi pada triwulan I-2017, pihaknya yakin dapat memperoleh target BKPM tersebut.

“Kalau target kita dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sebenarnya cuma Rp13 triliun. Kita optimistis dapat memenuhi target RPJMD itu maupun target dari BKPM RI. Realisasi triwulan I-2017 saja sudah mencapai Rp6,9 triliun, kalau dikalikan empat, kan sudah memenuhi target itu,” kata Erry.

Sementara tahun lalu, papar Erry, target realisasi investasi yang ditetapkan oleh BKPM RI sebesar Rp16,51 triliun dan RPJMD ditetapkan sebesar Rp12 triliun. “Realisasi investasi yang kita capai jauh melampui target, yakni mencapai Rp19,39 triliun,” tambah Erry.

Erry memaparkan, sektor yang paling diminati para investor pada triwulan I-2017 ini adalah sektor energi seperti listrik, gas, dan air. Namun, industri kimia, jasa perkebunan, logam, maupun makanan dan restoran masih cukup tinggi.

“Melalui pekan inovasi ini kita berharap dapat menarik minat pelaku usaha menanamkan modalnya di Sumatera Utara,” harapnya.

Gubsu Erry juga menambahkan, potensi dan peluang investasi yang dimiliki Sumut tercermin dalam keanekaragaman budaya dan adat istiadat daerah yang tersebar di 33 kabupaten kota. Sektor pertanian, perkebunan, pariwisata, perdagangan, dan lainnya merupakan sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Sumut.

“Kita berharap pertumbuhan investasi ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumut pada tahun 2017 ini, menjadi 5,1% sampai 5,5%. Tahun lalu, pertumbuhan kita cuma 5,18%,” tukas Erry.

source : okezone.com